Wasiat Ketua Umum SH Terate Pada Acara Pengesahan Warga Baru SH Terate 1431 H



Assalamualaikum wr wb.

Adik-adik Calon Warga Baru yang saya cintai
Saudara Ketua Cabang SH Terate di seluruh pelosok tanah air dan saudara-saudaraku Keluarga Besar SH Terate yang saya sayangi.

Alhamdulillah, malam hari ini kita bisa berkumpul di sini dalam ruang yang penuh jalinan persaudaraan, penuh berkah dan rakhmat, serta limpahan karunia. Semua itu, semata-mata atas ridlo Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu, mari kita bersama-sama bermunajat, memanjatkan puji syukur. Sebab hanya karena restu dan ridlo-Nya itu pulalah, kita bisa menghadiri acara Pengesahan Warga Baru SH Terate 1431 H, dalam kondisi sehat wal afiat, tak kurang suatu apa pun.

Adik-adik Calon Warga Baru dan
Keluarga Besar SH Terate yang saya cintai.

Salah satu tujuan SH Terate adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam jalinan persaudaraan kekal abadi.

Persaudaraan yang diyakini dan dianut oleh SH Terate adalah persaudaraan utuh yang didasari rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan bertanggung jawab. Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, tidak dilandasi hegemoni keduniawian, seperti drajat, pangkat, martabat, persaudaraan yang tidak dibatasi suku, ras, agama dan antargolongan.

Sebab kita yakin, semua manusia yang ada di muka bumi ini pada dasarnya sama. Titah sakwantah . Makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Di mata Allah, yang dinilai hanya kadar ketakwaannya.

Menyadari itu, maka tugas dan kewajiban kita yang utama adalah menjaga persaudaraan demi terwujudnya kedamaian dan kelestarian dunia (Mamayu hayuhning bawono).

Persaudaraan ini, akan damai dan utuh kalau kita ini tidak merasa, aku sing paling kuat, aku sing paling pinter aku sing paling ngerti (Adigang, adigung, adiguna). Kita dididik penuh kesederhanaan. Status yang kita sandang saat ini hanya titipan sementara. Dan, itu tidak akan berpengaruh di dalam paseduluran (persaudaraan).

Wasiat Ketua Umum SH Terate
seutuhnya bisa Anda akses
di www.shteratecantrik.blogspot.com

Satu contoh malam hari ini.Siapa pun mereka, berangkat dari mana pun, kita tidak akan mempertanyakan status. Tidak. Di ruang ini, malam hari ini, kita sama. Yakni, sebagai makhluk Allah, Tuhan Yang Maha Esa, yang sedang berjuang mengajarkan dan mengamalkan ajaran budi luhur melalui organisasi persaudaraan bernama SH Terate.

Adik-Adik Calon Warga Baru yang saya cintai

Alhamdulillah, saat ini sampailah langkah kita di awal tahun 1431 H. Tahun yang dimulai dengan bulan Muharram atau bulan Suro. Bulan penuh rakhmat, tantangan, barokah sekaligus mukzizat. Juga, bulan penuh kemenangan yang diberikan Tuhan kepada nabi panutan umat manusia.

Sejarah mencatat, nabi-nabi besar panutan umat terlepas dari ‘bala” atau bencana yang bersumber atas tragedi kemanusiaan, di bulan Muharram atau bulan Suro. Merevitalisasi momen ini, pengesahan Calon Warga Baru SH Terate sengaja dilakukan pada bulan Suro.

Harapannya, calon warga baru yang kita syahkan malam ini, akan mendapatkan ridlo dan karunia dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Dibersihkan jiwaraganya (tinata lahir bathine). Sehingga menjadi SH-wan atau orang yang berkepribadian Setia Hati. Yakni, seorang yang berbudi luhur tahu benar dan salah, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menempatkan rasa keadilan dan arifan dalam pergaulan di tengah masyarakat, serta selalu terbuka untuk memberikan maaf terhadap sesama (gung samodra pangaksami).

Saya perlu tegaskan pula di sini, SH Terate sampai sekarang solid. Kita ini satu dan menyatu. Misi SH Terate itu hanya satu, paseduluran. Sejak lahir SH Terate itu organisasi paseduluran. Tujuannya sederhana, ikut mendidik manusia berbudi luhur, beriman bertaqwa kepada Tuhan YME, Allah SWT. Ilmunya juga sederhana, mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri sebaik-baiknya, kita tidak akan sulit mengenal orang lain.

Maknanya, kita tidak boleh sombong. Di hadapan kita, manusia sama. Orang lain punya kekurangan, kita punya kekurangan. Orang lain punya kelebihan, kita punya kelebihan. Yang tidak sama adalah perjalanan hidupnya. Suratan nasibnya. Sebagaimana amanat yang tertuang dalam priambul SH Terate,
“Bahwa sesungguhnya hakekat hidup ini berkembang menurut kodrat iramanya masing-masing, menuju kesempurnaan. Demikianpun kehidupan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, hendak menuju keabadian kembali kepada Causa Prima, titik tolak segala sesuatu yang ada melalui tingkat ke tingkat, …..”

Selanjutnya alenia pertama priambul mengisyaratkan, “….namun tidak semua insan menyadari bahwa yang dikejar-kejar itu telah tersimpan menyelinap di lubuk hati sanubarinya.”

Adik-adik Calon Warga Baru yang saya sayangi.
Kalau kita memahami betul ajaran ini, saya yakin SH Terate akan tetap utuh. Sebab saudara tidak akan lagi terjerumus ke dalam sifat iri dan dengki. Yang ada di dalam jiwa kita adalah sifat saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan saling bertanggung jawab.

Karena itu saya perlu tegaskan, mari kita bersama-sama berjuang untuk memegang teguh ajaran Setia Hati. Mari kita kembali ke jatidiri SH Terate.
Saya berpesan, tolong, SH Terate ini jangan di bawa kemana-mana. Tapi SH Terate harus ada di mana-mana. Setelah saudara disyahkan, tolong jaga harkat dan martabat SH Terate. Jangan sekali-kali saudara menodai citra SH Terate.

Akhirnya, kepada panitia Pengesahan Warga Baru SH Terate, dan semua yang ikut membantu terselenggaranya acara pengesahan ini, saya ucapkan terimakasih. Semoga Allah SWT menjadikan dharma saudara sebagai tanaman yang dikemudian hari berbuah kebajikan..

Kepada Adik-Adik Calon Warga Baru SH Terate, saya ucapkan selamat mengikuti acara pengesahan ini dengan hati yang bersih dan pikiran yang tenang. Harapan saya, semoga setelah disyahkan, saudara bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Akhirnya, sebelum mengakhiri sambutan saya, mari kita bersama-sama bersemboyan.

SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR,
SELAMA BUMI MASIH DIHUNI MANUSIA,
SELAMA ITU PULA SH TERATE,
TETAP JAYA, KEKAL ABADI,
SELAMA-LAMANYA.



Wassalamualaikum Wr Wb

Ketua Umum SH Terate Pusat Madiun




H. TARMADJI BOEDI HARSONO,S.E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa dan Wasiat untuk Warga Baru SH Terate

Ritual Pengesahan Warga Baru SH Terate

Menelaah Mukadimah SH Terate