Dasar-Dasar Ajaran SH Terate (2)



Tulisan ini saya, Andi Casiyem Sudin, turunkan dari hasil wawancara dengan Ketua Umum SH Terate Pusat Madiun H.Tarmadji Boedi Harsono,S.E

4. Seni Budaya

Hal lain yang memperkuat alasan mengapa Persaudaraan Setia Hati Terate memilih jenis beladiri pencak silat adalah, bahwa pencak silat merupakan budaya warisan leluhuryangadiluhung, yang didalamnya terkandung “falsafah”; kesederhanaan, kehalusan, kelemahlembutan sekaligus kekuatan. Atau dengan kata lain merupakan perwujudan dari kepribadian bangsa. Karena pencak silat merupakan warisan leluhur, kewajiban kita adalah mengembangkan dan melestarikannya. Sebaliknya, jika kita tidak dapat melestarikannya, berarti kita akan kehilangan ciri khas dan kepribadian bangsa kita sendiri. Hal ini sangat berbahaya.

Sebab, bangsa yang tidak memiliki kepribadian, adalah bangsa yang terjajah jiwanya. Bangsa yang terjajah jiwanya, berarti bangsa yang sedang berkemas-kemas menyongsong kehancurannya.

Sebagai contoh konkret, Jepang. Pada perang dunia kedua, Jepang hancur-lebur akibat bom atom Sekutu. Tetapi karena rakyatnya punya jiwa yang kokoh, serta punya dedikasi tinggi untuk mempertahankan kepribadiannya, dalam waktu relatif singkat Jepang bisa segera bangkit dari kehancurannya. Hasilnya dapat kita lihat sekarang ini; Jepang mampu mnyeruak ke permukaan menjadi sebuah negara industri maju, yang bahkan mampu menguasai dunia melalui hasil kerja kerasnya dalam bentuk teknologi dan industri yang canggih.

Hal senada juga pernah doibuktikan oleh bangsa kita sendiri. Pada waktu Belanda mau menjajah kembali Indonesia. Karena kemerdekaan telah merupakan cita-cita luhur bangsa dan telah diproklamasikan Soekarno-Hatta, atas nama Bangsa Indonesia, maka dengan semboyan “merdeka atau mati”, bangsa Indonesia berjuang gigih mempertahankannya.

Aspek lain yang terkandung dalam pencak silat dan erat hubungannya denga aspek budaya adalah aspek seni. Gerakan-gerakan pencak silat selain mengandung unsur beladiri, didalamnya juga merangkum unsur seni. Berbicara tentang seni berarti merambah dunia keindahan. Sedangkan untuk menghayati keindahan, dibutuhkan satu apresiasi yang cukup memadai disamping kepekaan rasa. Ini dikandung maksud bahwa pencak silat ingin membawa penghayatnya ke dalam kepekaan rasa. Karena rasa disini adalah rasa keindahan, pada gilirannya penghayat pencak silat itu pun akan terbawa ke dlam kepekaan rasa keindahan. Efeknya, jiwa orang itu menjadi indah. Kita katakan jiwa yang oindah itu adalah jiwa yang sehat.

Sebab meriangnya badan wadag (jasmani) ditandai dengan sakit maupun pusing. Tapi meriangnya jiwa (rokhani) ditandai dengan ketidakmapuan rokhani dalam menangkap isyarat-isyarat kebenaran Tuhan. Dan jika hal itu sampai terjadi, bisa dibayangkan betapa rendahnya derajat orang yang jiwanya meriang itu. sebaliknya, jika jiwa orang itu sehat, maka dengan sendirinya orang itu akan dapat menyelaraskan nafsu dan perasaannya sesuai dengan apresiasi keindahan seninya. Lambat laun orang itu akan memancarkan kharisma dan dicintai sesama.

Konotasianya adalah bahwa Persaudaraan Setia Hati Terate ingin menekankan kepada para warganya bahwa sesungguhnya hidup dan kehidupan ini penuh dengan seni dan romantika. Ada susah ada bungah, ada pertemuan ada perpisahan, ada kenal ada bosan dan lain sebagainya.

5. Kerokhanian

Setelah kita meletakkan dasar yang kuat lewat olah raga, hingga mampu membentuk jasmani yang sehat, hal yang tak boleh ditinggalkan adalah membangun jiwanya (rokhaninya). Sebab manusia pada hakekatnya adalah makhluk semurna, yang selain memiliki raga juga memiliki jiwa. Dan antara jiwa dan raga menyatu dalam kesatuan tak terpisahkan (mono dualis).

Menyadari kodrat manusia sebagai makhluk yang tidak hanya memiliki ragas tapi juga jiwa, Persaudaraan Setia Hati Terate kemudian mencoba meletakkan dasar-dasar pembentukan jiwa agar di dalam raga yang telah kuat itu tumbuh jiwa yang sehat. Dan ilmu pengetahuan meruapakan salah satu pilihan tepat guna pembentukan jiwa itu, disamping giat melakukan penggalian rasa (olah rasa) untuk mendapatkan tingkat kecerdasan dan kesadaran tertinggi untuk menerima isyarat (wangsit) dalam bentuk petunjuk (pituduh) dari Tuhan Yang maha Esa.

Dalam proses pencarian pituduh PSHT mengenal tiga dimensi pemahaman. Pertama, pemahaman yang timbul; setelah kita melakukan kajian atas wahyu yangtelah dikaruniakan Allah dalam Kitab Suci yang diwahyukan kepada utusan-Nya atau Rasul-Nya. Kedua pemahaman empiris, berdasarkan temuan tokoh yang kredibilitas mumpuni setelah tokoh menjalani laku ritual dan penghayatan panjang atas makna hakiki kehidupan. Ketiga, pemahaman universal yang diterima oleh individu secara khusus, dengan prasyarat-prasyarat mutlak yang telah digariskan dalam pranatan ilmu bangkit.

Ilmu pengetahuan dan proses pemahaman yang diporsikan guna membangun jiwa warga/anggota Persaudaraan Setia Hati Terate adalah ilmu ”Ke-SH-an”(ilmu kesetiahatian) yang kemudian dikemas dalam pelajaran ”Ke-SH-an”atau kerokhanian.
Pemberian bekal kerokhanian ini dipandang sangat perlu agar tercipta suatu keseimbangan (balancing) antara raga dan jiwa, mengingat Persaudaraan Setia Hati Terate telah membekali raga warga/anggotanya dengan olah raga bela diri pencak silat.
Sebab, sekuat dan setinggi apapun kemampuan ilmu beladiri seseorang, jika tidak diimbangi dengan kekuatan rokhani, akan menjadikan orang itu sombong dan suka pamer (adigang adigung adiguna).

Persaudaraan Setia Hati Terate tidak ingin melihat warga/siswanya tenggelam dalam kesombongan. Persaudaraan Setia Hati Terate bertekad mengajak para warganya untuk menjadi manusia yang berbudi luhur, tahu benar dan salah. Sebab, Persaudaraan Setia Hati Terate sadar bahwa pada hakikatnya kekuatan, kelembutan dan cinta kasih, atau dengan kata lain, “ Sura Dira Jayadiningrat Swuh Brasta Lebur Dening Pangastuti”.
Untuk itulah Persaudaraan Setia Hati Terate meletakkan dasar ajaran kerokhanian kepada para warga dan anggotanya. Dasar-dasar kerokhanian dalam Persaudaraan Setia Hati Terate, disebut juga ilmu ”Ke-SH-an” atau ilmu “kesetiahatian”. Ilmu Ke-SH-an adlah ilmu untuk mengenal diri sendiri. Seorang yang telah mengenal dirinya dia akan berusaha mengenal lingkungannya. Seorang yang telah mengenal lingkungannya, dia pun akan berusaha mengenal Tuhannya.

Kajian ilmu Ke-SH-an dan bagaimana ritual yang harus dilakukan untuk mendapatkan puncak kecerdasan dan kesadaran tertinggi ini akan dijabarkan dalam media khusus dan dibimbing langsung Ketua Umum PSHT atau jajaran fungsionaris Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun yang ditunjuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa dan Wasiat untuk Warga Baru SH Terate

Ritual Pengesahan Warga Baru SH Terate

Menelaah Mukadimah SH Terate